Apa itu Statistika? Kenapa harus kuliah di Jurusan Statistika? - Layar Data Analyst

Breaking

Rabu, 25 April 2018

Apa itu Statistika? Kenapa harus kuliah di Jurusan Statistika?


Hello sahabat, sebelumnya terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Ini adalah tulisan/postingan pertama saya walaupun sebenarnya blog ini sudah dibuat lumayan lama, tetapi baru sempat saya isi (hehe). Blog ini dibuat untuk berbagi ilmu, tulisan dan materi lainnya, serta pengalaman berharga dengan harapan dapat bermanfaat untuk kita semua. Untuk itu jangan lupa follow dan juga pantengin terus blognya ya 😁 Insyaallah akan ada tulisan-tulisan menarik lainnya.
Nah, kali ini topik kita tentang Statistika. Kira-kira apasih yang ada di benak kalian ketika pertama kali mendengar kata Statistika? Ya, kata statistika mungkin akan terdengar asing untuk beberapa orang dan mungkin banyak yang bertanya-tanya kuliah di jurusan statistika itu belajar apa aja, namun sebenarnya di bangku SMA kita sudah mulai dikenalkan dengan statistika, yaitu pada mata pelajaran matematika kelas XI saat mempelajari bagaimana cara menghitung mean, modus, median, jangkauan, simpangan, ragam, peluang, dll. Seringkali memang statistika dikaitkan dengan matematika, apakah statistika merupakan ilmu cabang dari matematika? Ataukah merupakan ilmu yang berbeda dengan matematika? Sebenarnya apasih statistika itu? Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan kalian semua tentang Statistika.

1.     Definisi Statistika

Menurut Wikipedia, Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data.

2.     Perbedaan Statistika dengan Statistik

Banyak yang mengira bahwa statistika dan statistik itu sama saja, bahkan dalam banyak hal kebanyakan orang salah menempatkan kedua istilah ini. Jadi untuk diketahui, Statistika adalah ilmu yang mempelajari cara mengumpulkan, menata, menganalisis, mengelola, penarikan kesimpulan, serta pembuatan keputusan berdasarkan data dan fakta yang sudah dianalisis.
Sedangkan, statistik adalah kumpulan angka-angka yang bisa memberikan gambaran suatu keadaan. Intinya, Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang pengolahan data sedangkan Statistik adalah data dan informasinya itu sendiri. Nah, kalau jurusan berarti penyebutannya ‘Jurusan Statistika’ bukan ‘Jurusan Statistik’. Jadi jangan sampai keliru ya sob.
Lantas apa perbedaan statistika dan matematika?
Statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data dimana alat yang digunakan untuk melakukan hal tersebut adalah matematika. Dari sudut ini terlihat Matematika dan Statistika adalah dua ilmu yang berbeda karena mempunyai objek studi yang berbeda walaupun masih memiliki hubungan.

3.      Apa saja yang dipelajari di Jurusan Statistika

Well, jika kalian berpikir bahwa matakuliah di jurusan statistika itu berbau angka, yaps kalian tepat sekali hehe. Namun jangan khawatir karena tidak melulu belajar hitungan atau bertemu angka, pada setiap semester juga akan diselingi dengan matakuliah lainnya seperti Kewarganegaraan, Pancasila, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Kebencanaan, dsb.
Pada Semester awal biasanya akan diajarin dasar-dasar dari statistika itu sendiri, biasanya pelajaran di semester awal ini banyak yang sudah didapatkan di bangku SMA, hanya saja diulang dan dimodifikasi kembali. Nah, baru di semester selanjutnya akan disuguhin matakuliah yang mendalami statistika beserta praktikumnya.

4.     Konsentrasi/Bidang Minat di Jurusan Statistika

Pada umumnya jurusan/prodi Statistika terdapat beberapa bidang peminatan yang dapat diambil, diantaranya yaitu Statistika Ekonomi & Bisnis, Statistika Sosial, Kependudukan, Statistika Pemerintahan, Statistika Komputasi, Biostatistika, Aktuaria, Statistika Industri, Kebencanaan dan masih banyak lainnya.

5.     Peran Statistika

Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri. Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta hitung cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.
Di sekitar kita, banyak sekali kebutuhan akan data yang harus diolah dan disajikan dalam bentuk analisa yang berguna bagi kemajuan bahkan peramalan keadaan masa depan. Disinilah ilmu statistika berperan, jadi statistika mendesain agar data-data tersebut dapat berguna atau akurat dalam pengambilan keputusan. Misal nih, statistisi atau statistician (sebutan lulusan statistika) mencari data tren penjualan sebuah barang di tahun berjalan, kemudian data-data tersebut diolah dan disajikan untuk mengambil keputusan, apakah akan melanjutkan produksi atau tidak. Atau menganalisis beban kerja pegawai yang akan digunakan dalam pertimbangan kebutuhan rekrutmen perusahaan.
Dalam bisnis, semuanya dimulai dan diakhiri dengan data. Sebagai aset bisnis yang sangat luas, data dapat dimanfaatkan untuk mengubah cara organisasi mana pun di industri mana pun melakukan bisnis. Ini dapat meningkatkan operasi sehari-hari, mengoptimalkan pengalaman pelanggan, membangun kesetiaan pelanggan, memungkinkan inisiatif digital, meningkatkan keputusan bisnis, dan akhirnya meningkatkan pertumbuhan. Terlepas dari industri, organisasi yang gagal untuk membuka potensi penuh dari data mereka akan tertinggal di belakang kompetisi.

6.     Prospek Kerja Lulusan Statistika

Kalo ngomongin masalah prospek kerja gak usah ditanya lagi, karena statistika itu general, ilmunya bisa digunakan dimana saja. Maka jelaslah bahwa lapangan kerjanya pun luas dan bisa dimana aja, baik di instansi pemerintah maupun perusahaan. Pada umumnya jenis profesi yang bisa ditempati lulusan statistika diantaranya adalah Tenaga Ahli Statistika, Data Analyst, Data Scientist, Business Intelligence, Aktuaria,  Quality Control, Peneliti, Konsultan, Tenaga Pendidik (Dosen) dan berbagai jenis profesi lainnya.

7.     Perguruan Tinggi Penyedia Jurusan Statistika

Berikut daftar Perguruan Tinggi penyedia jurusan/prodi statistika menurut BAN-PT :

Strata / Perguruan Tinggi
Akreditasi
D-III

Institut Teknologi Sepuluh Nopember
A
Universitas Negeri Semarang
A
Akademi Statistika Muhammadiyah Semarang
B
Universitas Halu Oleo
B
Universitas Negeri Padang
B
Universitas Sumatera Utara
B
D-IV

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
B
S-1

Institut Pertanian Bogor
A
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
A
Universitas Brawijaya
A
Universitas Gadjah Mada
A
Universitas Padjadjaran
A
Institut Sains Dan Teknologi Akprind
B
Universitas Airlangga
B
Universitas Bina Nusantara
B
Universitas Diponegoro
B
Universitas Hasanuddin
B
Universitas Indonesia
B
Universitas Islam Bandung
B
Universitas Islam Indonesia
B
Universitas Muhammadiyah Semarang
B
Universitas Mulawarman
B
Universitas Negeri Gorontalo
B
Universitas Negeri Jakarta
B
Universitas Negeri Makassar
B
Universitas PGRI Adi Buana
B
Universitas Syiah Kuala
B
Universitas Terbuka
B
Universitas Tadulako
C
S-2

Institut Pertanian Bogor
A
Institut Pertanian Bogor
A
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
A
Universitas Padjadjaran
A
Universitas Brawijaya
B
S-3

Institut Pertanian Bogor
A

     *Update April 2018

DAFTAR PUSTAKA

2 komentar:

  1. Mantap, data saintis menjadi sangat penting di era revolusi industri 4.0 ini. Sukses, Mul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, thanks bro. seperti dalam tulisan keren ini nih https://kumparan.com/maulana-ihsan1522156960298/2030-milenial-dan-revolusi-indutri-4-0

      Hapus